Membuat Nomor Urut Pada Microsoft Excel Secara Manual

Di dalam VIDEO BELAJAR, kami menyediakan beberapa cara untuk membuat nomor urut pada microsoft excel. Cara yang paling mudah adalah dengan cara manual. Mari kita palajari caranya.

  1. Buka Ms Excel;
  2. Siapkan kertas kerja;
  3. Buat format dan tuliskan nomor urut.

1. Buka Ms Excel

Untuk membuka Ms Excel, coba lihat di desktop. Jika tersedia, klik ikon dan tunggu hingga excel terbuka.

 

Jika di desktop tidak tersedia ikon Ms Excel (pada contoh di atas tidak terdapat ikon Ms Excel di desktop), coba lihat di Program. Klik dan tahan ikon windows yang terdapat pada sudut kanan bawah, lihat ke atas, ada atau tidak. Jika ada, klik dan tunggu excel terbuka.

Apabila di tempat tersebut tidak tersedia, maka ketikkan kata excel atau microsoft excel pada kotak pencarian. Lihat ke atas, kalau sudah muncul, KLIK. Tunggu, dan Anda akan dibawa ke excel workbook (lihat gambar di bawah!).

2. Siapkan Kertas Kerja

Langkah selanjutnya, setelah excel terbuka, adalah menyiapkan kertas kerja (worksheet). Excel yang terbuka secara keseluruhan disebut buku kerja (workbook). Di dalam buku kerja tersebut terdiri dari beberapa kertas kerja yang sudah siap. Kita dapat menambah jumlah kertas kerja sesuai kebutuhan. Perhatikan gambar di bawah!

3. Buat Format dan Tuliskan Nomor Urut

Dengan menggunakan salah satu kertas kerja, buatlah formatnya. Misalnya kolom untuk nomor dan nama. Selanjutnya, pada kolom nomor (ke bawah), ketikkan angka urut, dari nomor 1, 2, 3, dan seterusnya, misalnya hingga nomor 10.

Catatan: Membuat nomor urut secara manual ini sangat mudah, namun hanya untuk penggunaan jumlah yang kecil. Karena pembuatannya cukup dengan mengetikkan angka atau nomor secara manual, maka jika jumlahnya besar hal ini akan menyulitkan.

Untuk jumlah yang lebih besar kita gunakan cara yang lebih praktis, yakni dengan autofill.

Tulisan ini mungkin penting untuk Anda baca:

  1. Apa Yang Akan Anda Dapatkan Di Video Belajar?
  2. Materi lain tentang Excel.

Untuk belajar dari video, silakan tonton di sini.

0 comments… add one

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: